Kethoprak Gunungkidul: Salah Satu Kesenian Di Gunungkidul

EXPLOREGUNUNGKIDUL.COM – Kethoprak berasal dari nama alat yang disebut dengan Tiprak, dimana alat ini berbunyi prak prak prak. Pada kesimpulannya kethoprak berasal dari bunyi prak. Kethoprak adalah salah satu seni, seni pertunjukan yang berasal dan terkenal pula di Yogyakarta. Kethoprak sendiri merupakan pertunjukan yang penyajiannya menggunakan bahasa jawa dengan jalan cerita yang bermacam – macam, diselingi dengan tembang jawa dan dengan dandanan sesuai dengan lakon cerita.

Kethoprak merupakan salah satu hiburan rakyat pada masa itu, dan dinikmati oleh rakyat luar kerajaan, tapi setelah berjalannya waktu kethoprak mulai dinikmati oleh keluarga kerajaan. Hingga sampai saat ini, pada perkembangan jamannya kethoprak semakin menunjukan eksistensinya dengan garapan lakon yang menarik. Diselipi dengan guyon yang membuat lakon kethoprak tidak membosankan, ceritanya mulai bervariasi dan kreatif.

Di Gunungkidul sendiri, kethoprak menjadi kesenian yang selalu dibanggakan dan menjadi kebanggan. Setiap tahunnya saja selalu diadakan Festival Kesenian Kethoprak Gunungkidul yang diikuti oleh setiap perwakilan kecamatan di Gunungkidul. Mereka menunjukkan kemampuan berakting mereka dengan lakon garapan sutradara – sutradara berbakat Gunungkidul. Iringan music oleh penata iringan terbaik Gunungkidul, tim artistic dan tim produksi lainnya.

Lomba Kethoprak biasanya diadakan di Gedung Kesenian Gunungkidul dan pemenangnya akan mewakili Gunungkidul ke tingkat provinsi. Tahun 2016, lakon rengganis berhasil menjuarai Festival Kesenian Gunungkidul 2016 dan Gunungkidul berhasil membawa piala Juara 1 Festival Kethoprak Yogyakarta di Tingkat Provinsi dengan lakon “BEBENDU” yang mengambil tema Jawa Yunani. Dimana lakon ini sudah merupakan lakon modern dengan penulis naskah Bondan Nusantara, lakon ini berhasil membuat merinding penonton. Tahun 2017 kecamatan wonosari berhasil menjadi juara 1 lagi dengan lakon “Gagak Seto” yang diperankan oleh muda – mudi gunungkidul juga.

Banyak potensi yang ada di Gunungkidul, lakon – lakon dari setiap kecamatan sendiri sering dipentaskan dikecamatan masing – masing. Banyak pula yang sudah di pentaskan sampai ke Jogja. Kethoprak ini banyak yang dimainkan oleh anak – anak muda gunungkidul. Kethoprak yang katanya bagi anak muda adalah kesenian yang membosankan di gunungkidul para muda – mudi malah giat nguri – uri kabudayan(melestarikan kebudayaan).

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi gunungkidul dan penasaran lakon – lakon kethoprak modern garapan sutradara berbakat gunungkidul selalu update tentang jadwal pementasan kesenian kethoprak gunungkidul ya, Festival Kethoprak Gunungkidul ini biasanya diadakan sekitar bulan April dan pemenang kethoprak tingkat provinsi akan dipentaskan di Alun ALun Wonosari saat pesta Tahun Baru. Jangan lupa datang tahun berikutnya, sugeng hamirsani( selamat menyaksikan).  

Comments

comments