Menapak Kegagahan Gunung Api Purba Nglanggeran

Menapak Kegagahan Gunung Api Purba nglanggeran

In frame : @lestarigaluh

Gunungkidul terkenal dengan barisan pegunungan seribu yang berdiri kokoh mengelilinginya, dan siapa sangka Gunungkidul pernah memiliki Gunung Api. Meski sekarang gunung api tersebut sudah tidak lagi aktif selama ratusan bahkan ribuan tahun, namun kita masih bisa melihat sisa-sisa batuan khas gunung berapi di Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung Api Purba Nglanggeran berada di Kecamatan Patuk, seiktar 15 menit perjalanan dari Bukit Bintang, bisa di akses dengan sepeda motor, mobil dan bus ukuran sedang.

Gunung Api Purba Nglanggeran menawarkan keindahan alam yang menggoda dari atas gunung. Kita dapat melihat pemandangan jajaran pegunungan yang elok, dan bebatuan khas gunung berapi yang seakan membawa kita mengarungi waktu kembali ke jaman pra sejarah ketika Gunung Api Purba Nglanggeran masih aktif. Dari puncak gunung kita juga bisa melihat Embung Nglanggeran dari ketinggian. Gunung Api Purba Nglanggeran juga merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di Gunungkidul. Namun jika kalian berencana untuk memburu sunset mimin sarankan untuk menyiapkan senter/ alat penerangan lain, karena saat turun gunung hari sudah gelap.

Setelah melakukan pembayaran tiket masuk, kita akan mulai mendaki selama kurang lebih satu jam dengan berjalan kaki, selama perjalanan terdapat beberapa pos dengan gazebo untuk beristirahat. Selain itu ada papan penunjuk arah jadi ngga bakal nyasar dah. Meski berjalan kaki cukup jauh tidak akan terasa melelahkan karena sepanjang perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan hutan nan asri dan batuan-batuan keren untuk spot foto. Ditengah perjalanan kalian akan melewati sebuah lempengan gunung yang sempit dan menanjak, untuk melewatinya harus antri satu-satu ya. Serta sebuah tangga yang disusun disebuah pohon ketika hampir sampai di puncak, rintangan-rintangan tersebut akan menambah asiknya perjalanan kalian untuk sampai ke puncak Gunung Api Purba Nglanggeran.

Tiket Masuk Gunung Api Purba Nglanggeran

Hanya dengan membayar biaya masuk Rp. 10.000,- saja per orang untuk berpetualang menaiki gunung api prasejarah ini, murah bukan?

Rute Menuju Gunung Api Purba Nglanggeran

Yogyakarta > perempatan Ringroad jl. Wonosari (Ketandan) > perempatan Sampaan > pertigaan Piyungan > bukit bintang > Patuk > Perempatan Timur Radio GCD FM (depan pos polisi) Patuk ke kiri > Desa Ngoro-Oro (banyak tower penyiaran Televisi lurus aja) > ada pertigaan setelah Puskesmas Patuk II ambil ke arah kanan > ada pertigaan setelah SDN Nglanggeran ke kiri > lihat papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran (gunung api purba) di jalan tikungan dan pertigaan > Gunung Api Purba Nglanggeran 

Peta Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran

Comments

comments