Pantai Ngobaran: Pesona Budaya di Pantai Ngobaran

Foto Instagram by @salmanbayhaqi

EXPLOREGUNUNGKIDUL.COM – Pantai Ngobaran selintas memang kita akan berada suasana di Bali jika kita berkunjung atau berada di Pantai Ngobaran. Terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, Pantai Ngobaran ini yang kental akan pesona budayanya yang menjadikan pantai ini berbeda dengan pantai-pantai yang ada di Gunungkidul. Pantai Ngobaran ini terletak tidak jauh dari Pantai Ngrenehan jaraknya hanya sekitar 2km saja.

Di Pantai Ngobaran ini terdapat tempat ibadah untuk agama islam dan hindu yang berdiri berdekatan. Dan yang menarik arah kiblat dari musholla menghadap ke selatan. Dan bisa disimpulkan bahwa walaupun berbeda agama namun para pemeluk agama tetap rukun dan bisa saling melakukan ibadah dengan berdampingan.

Sejarah Singkat Nama Pantai Ngobaran

Singkat cerita menurut masyarakat, bahwa dahulu ketika kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh Prabu Brawijaya V terpojok oleh kerajaan Demak yang saat itu dipimpin oleh Raden Patah yang sekaligus adalah putranya sendiri. Dikarenakan Prabu Brawijaya V tidak mau di-islamkan oleh Raden patah, kemudian Prabu Brawijaya V dan putranya bondan kejawan melarikan diri ke arah barat. Dan sampailah Prabu Brawijaya V beserta putranya di pesisir pantai yang sangat tenang.

Prabu Brawijaya V kemudian melakukan upacara pembakaran diri dikarenakan tidak ingin berperang dengan anaknya sendiri yaitu Raden Patah. Dikarenakan kobaran api yang sangat besar maka dari itu pantai tersebut dinamakan Pantai Ngobaran.

Fasilitas Di Pantai Ngobaran

fasilitas di Pantai Ngobaran sudah cukup memadai, di pantai ini sudah tersedia tempat parkir, rumah makan, dan toilet.

Tiket Masuk Ke Pantai Ngobaran

Untuk tiket masuk ke Pantai Ngobaran bisa dibilang cukup terjangkau hanya dengan 5.000 rupiah perorang itu sudah termasuk ke Pantai Ngrenehan Dan Pantai Nguyahan. Parkir motor Rp2.000-Rp3.000 dan mobil Rp5.000.

Rute Menuju pantai Ngobaran

Untuk akses menuju Pantai Ngobaran ini cukup mudah dan jalannya sudah bagus di karenakan jalan yang sudah aspal. untuk selengkapnya bisa mengikuti rute berikut :

Jogja – Piyungan – Pathuk – sambipitu – gading (lapangan Terbang) ada pertigaan ambil yang ke kanan arah Playen – Paliyan – Trowono – Kanigoro – Pertigaan masuk ke pantai ngrenehan silahkan ambil jalan yang lurus arah ke pantai ngobaran.

Jogja – Jalan Imogiri timur atau Imogiri barat – Imogiri – Siluk – Selopamioro – Panggang – Jetis – Trowono – Dari pasar trowono menuju Desa Kanigoro ( kalian bisa tanya pada warga sekitar jika bingung ) – pertigaan jalan menuju pantai ngrenehan silahkan ambil jalan yang lurus arah ke pantai ngobaran.

Beberapa foto di Pantai Ngobaran

Foto Instagram by @dhe_intanp

Foto Instagram by @bagusreza


Foto Instagram by @noviatapalani

foto Instagram by @fxalvin95

Comments

comments