Pasar Ekologis Pasar Argowijil

Pasar Argowijil adalah salah satu pasar yang sangat baru di Gunungkidul, yang merupakan pasar Ekologis pertama di Indonesia. Pasar ini selesai di bangun sekitar bulan Februari 2017, dan diresmikan secara meriah pada tanggal 18 April 2017 dengan mengangkat judul “Pasar Argowijil Beber Dasaran” dengan menampilkan berbagai bakat muda mudi Gunungkidul dimana pengertian konsep beber Dasaran itu yakni menampilkan segala sesuatu yang benar benar layak ditunjukan kepada khalayak umum dan dengan harapan menjadi nilai tawar lebih atau dengan kata lain produk unggulan yang memang patut diapresiasi. Peresmian pasar ini sendiri  diresmikan langsung oleh Menteri Lingkunagn Hidup didampingi oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Pasar ini merupakan reklamasi Gunung Wijil Desa Gari. Pasar ini memiliki arti, Argo yang berarti Gunung dan Wijil yang merupakan nama sebutan yang telah ada sejak dulu dan menjadi asal muasal identitas tempat tersebut.

Saat ini pasar ini sudah berfungsi, setiap hari minggu di pasar argowijil diadakan acara Sunday Morning dengan pameran karya kerajinan hasil tangan warga sekitar juga kuliner jajanan pasar yang beragam sangat cocok untuk berwisata kuliner pula. Jajanan pasar yang dijual sangat menarik seperti, legondo, arem – arem, cemplon, soto dan masih banyak lagi. Setiap minggu pagi juga diadakan senam massal yang diikuti warga desa.

Bulan Ramadhan ini pasar argowijil didandani sedemikian rupa agar menarik perhatian pengunjung dan dapat digunakan untuk ngabuburit menunggu buka puasa dan mencari jajanan berbuka puasa. Tak kalah dengan tempat berbuka puasa lainnya Pasar Ramadan Argo Wijil menyuguhkan suasana yang ramai dan menyediakan spot foto yang bagus. Disediakan pula kursi untuk para pengunjung yang ingin berbuka puasa di sana.

Akses untuk menuju pasar ini juga mudah sekali dan searah dengan jalur menuju wisata Gua Pindul untuk wisatawan yang mau berwisata ke Gua Pindul bisa berkunjung ke Pasar Argowijl ini sekedar beristirahat melihat lihat, membeli makanan dan minuman atau membeli oleh oleh hasil karya warga sekitar Desa Gari.

Comments

comments